Rabu, 30 Mei 2012


Bagi anda yang pertama kali menggunakan printer Canon mungkin banyak sedihnya karena printer anda sering mengalami blinking atau lampu berkedip dan kemudian mengalami mogok kerja. Namun kita tidak akan terlalu khawatir kalau kita tahu apa arti blinking pada printer Canon kita tersebut, karena blinking pada printer merek Canon mempunyai arti. Blinking pada printer Canon merupakan indikator bahwa printer mengalami error atau masalah. Blinking bisa disebabkan error pada hardware atau softwarenya. Jumlah blinking dan warna blinking menginformasikan pada kita mengenai error yang dialami oleh si printer.

Blinking pertama kali yang anda jumpai jika anda mempunyai printer Canon baru type apa saja adalah pada saat indikator ink level telah mencapai minimum (ink run out). Demikian juga jika anda mengganti cartridge anda dengan cartridge baru biasanya juga akan mengalami blinking (orange berkedip-kedip) jika indikator ink level telah mencapai minimum (ink run out). Untuk error "ink run out" yang muncul di Windows cara mengatasinya mudah, cukup tekan tombol resume beberapa detik (5 detik) lalu lepaskan, maka printer Canon sudah siap digunakan lagi.


Nah, berikut ini beberapa kode blinking lain yang sering dijumpai pada printer Canon type IP1200, IP1300, IP1600, IP1700, IP1880, IP1980 :

1. Blinking 1x hijau 1x orange : terjadi error pada waste ink pad karena telah penuh (ink absorber full).
Cara mengatasi :
Printer perlu direset dengan software agar permanen.
Jika printer telah beberapa kali direset sebaiknya dibongkar dan dicuci waste ink pad-nya, kalau tidak maka printer akan dipenuhi oleh tinta.

2. Blinking 3x orange 1x hijau : terjadi error pada bagian mekanik printer.
Cara mengatasi :
Printer perlu dibongkar untuk mengetahui bagian mekanik yang error.
– Bongkar printernya dengan membuka 2 sekrup di depan, 4 kait kanan kiri dan 3 kait belakang printer.
– Cek dan bersihkan daerah penarik kertasnya dan roll penggulung kertasnya. Biasanya banyak kotoran (potongan kertas, kerikil, atau kotoran yang lain) yang nyangkut.
– Kalau penyebabnya adalah potongan kertas yang nyangkut antara roll penggulung kertas dan roll karet penarik kertas, maka kertas tersebut tidak mau lewat karena tersangkut di roll penggulung kertas, sehingga menyebabkan pengait sensor kertas tidak bekerja dan akibatnya printer blink 3x orange 1x hijau.

3. Blinking 4x orange 1x hijau : terjadi error di ink absorber full / waste ink pad full.
Cara mengatasi :
Sama seperti No. 1 di atas.

4. Blinking 5x orange 1x hijau : error dalam membaca cartridge hitam atau cartridge warna. Masalah ini timbul bisa karena konektornya kotor atau chip cartridge rusak.
Cara mengatasi :

Bersihkan terlebih dahulu konektor pada cartridge menggunakan penghapus pensil dan cobalah pasang kembali. Jika tetap tidak bisa berarti yang rusak chipnya, maka gantilah cartridge dengan yang baru.

5. Blinking 7x orange 1x hijau : cartridge warna rusak atau error dalam membaca cartridge warna.
Cara mengatasi :
Lakukan seperti cara No. 4. Cobalah terlebih dahulu membersihkan konektor sebelum melakukan penggantian cartridge.

6. Blinking 8x orange 1x hijau : error karena ink tank full.
Cara mengatasi :
Lakukan seperti cara No. 1.

7. Blinking 14x / 15x orange 1x hijau : error pada catridge hitam.
Cara mengatasi :
Lakukan seperti cara No. 4.


Bagi komputermania yang membutuhkan software resetter iPTool untuk Canon, silahkan klik link berikut.

Download : 
iPTool
keep share and smile.. ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar