Minggu, 03 Juni 2012

Wubi adalah installer Ubuntu untuk Windows yang memungkinkan Anda menginstal dan uninstall Ubuntu dari Windows desktop. Wubi menambahkan sebuah entri ke boot menu Windows yang memungkinkan Anda untuk menjalankan Linux. Ubuntu diinstal dalam file dalam sistem file Windows (a loopmounted partisi), file ini terlihat oleh Ubuntu sebagai hard disk yang nyata.

Dengan cara itu hard drive tidak harus di partisi ulang sebelum instalasi Ubuntu. Instalasi Ubuntu yang dihasilkan adalah “nyata” sistem Linux, bukan hanya sebuah mesin virtual. Wubi memudahkan untuk Linux pemula untuk bermain-main dengan Ubuntu.

Installing Ubuntu

  1. Pertama download Ubuntu 8.10 .iso file di sini.
  2. Kemudian, anda dapat membakar image .iso kedalam CD;
  3. Masukkan CD hasil burningan tadi ke dalam CD-ROM drive dan tunggu hingga autorun berjalan. Jika tidak muncul, pergi ke My Computer dan double-click pada icon CD-ROM drive.
  4. Maka akan muncul menu seperti ini, dan klik “Install inside Windows”;
  5. Wubi dimulai. Sekarang Anda dapat mengkonfigurasi instalasi Ubuntu masa depan Anda, yaitu, Anda dapat menentukan lokasi instalasi Ubuntu pada partisi Windows Anda (s), ukuran instalasi Ubuntu, Ubuntu rasa (Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, UbuntuStudio), bahasa yang akan digunakan pada desktop Ubuntu Anda, dan username dan password untuk sistem Ubuntu. Klik Install setelahnya;
  6. Setelah itu, Wubi meminta Anda untuk me-reboot sistem. Harap lakukan sekarang;
  7. Ketika sistem reboot, Anda seharusnya akan melihat menu boot dari mana Anda dapat memilih sistem Windows dan sistem Ubuntu baru. Silakan pilih Ubuntu lalu tekan <ENTER>:
  8. Karena Ubuntu adalah belum diinstal, Anda seharusnya sekarang melihat Ubuntu installer (mode teks). Ini akan menginstal desktop Ubuntu anda sesuai dengan pengaturan yang telah dibuat di Wubi sebelum - tidak ada interaksi yang dibutuhkan dari pihak Anda:
  9. Setelah instalasi selesai, sistem malah reboot. Pada menu boot, silakan pilih Ubuntu lagi;
  10. Sekarang Anda sistem desktop Ubuntu baru harus boot:
  11. Ketik username dan password Anda (yang Anda tentukan di Wubi sebelumnya);
    • 20.jpg
  12. Ini adalah bagaimana Anda desktop Ubuntu terlihat. Sekarang Anda dapat menggunakannya seperti desktop Linux lainnya: 
    22.jpg  
    untuk ubuntu yang laain kurang lebih sama dengan cara diatas..
     keep share and smile.. ^_^
     
     
     
     

0 komentar:

Poskan Komentar